Langsung ke konten utama

Pendidikan Luar Kelas (SD Kelas II)

Apa saja kegiatanmu sehari-hari?
Berangkat ke sekolah, berkunjung ke rumah teman, pergi ke warung, dan lain-lain.
Agar perjalananmu selamat sampai tujuan, kamu haruslah hati-hati.
Misalnya saja dengan berjalan kaki di sebelah kiri.



Menaiki sepeda atau kendaraan jangan terlalu tengah.
Apabila kamu bersepeda terlalu tengah akan mengganggu pengendara yang lain, ini bisa menyebabkan tabrakan.
Karena itu, apabila bepergian berhati-hatilah dan perhatikan keselamatanmu,sehingga tidak terjadi kecelakaan.

Saat kamu berangkat ke sekolah kamu harus berjalan di sebelah kiri jalan.
Kamu juga harus menyeberang pada zebra cross atau jembatan penyeberangan.


Semua aturan itu membiasakan kamu untuk belajar berdisiplin. Kebiasaan disiplin akan membuatmu lebih tertib.

Pendidikan Luar Kelas merupakan salah satu bagian dari tujuh ruang lingkup Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan untuk mengenal lingkungan sekitar sekolah sangatlah penting bagi anak-anak. Termasuk mengenal rambu-rambu lalu lintas, ataupun rambu-rambu yang sering dijumpai di kampung atau pedesaan.

Rambu-rambu yang menganjurkan anak-anak untuk menjaga kebersihan, berdisiplin, atau sebagainya, juga perlu dikenalkan langsung oleh siswa-siswa. Seperti pada denah perjalanan di bawah ini yang sengaja dibuat saat pembelajaran Penjasorkes kelas II Sekolah Dasar. Materi mengenal lingkungan sekolah, mengenal rambu-rambu lalu lintas.


·     Selama perjalanan siswa harus memunguti sampah yang berserakan di jalan kemudian dibuang di tempat sampah yang mereka temui selama perjalanan, jika selama perjalanan tidak menemukan tempat sampah, maka sampah tersebut dibawa hingga ke sekolah. Tiap kelompok dibekali kantong kresek besar.

·  Tugas I: Kelompok mencatat rambu-rambu yang dijumpai selama perjalanan dan mencatat minimal 10 jenis tumbuhan yang buahnya bisa dimakan.

·     Tugas II: Kelompok harus menjelaskan arti dari rambu tersebut.

·    Tugas III: Setelah menyelesaikan rute perjalanan, kelompok harus membacakan hasil pekerjaan kelompok yang diwakili oleh salah satu anggota kelompok. Setiap kelompok memiliki waktu 3 menit.

Dengan melaksanakan perjalanan tersebut, siswa mampu menunjukkan beberapa karakter yang sangat penting dalam perkembangan anak-anak, seperti kedisiplinan, kerjasama, percaya diri, kejujuran. Dan juga anak-anak semakin paham tentang rambu-rambu yang mereka jumpai di jalan maupun di kampund mereka, serta bisa menyadari akan kebersihan lingkungan, dengan membuang sampah pada tempatnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mentolerir Rindu

Usai lama sudah Bagaimana nyummu punya kabar? Nyungga sedang pi ambil potongan-potongan kenangan Usai lama sudah Rumah tak lagi tersentuh pena Usai lama sudah Nyungga tak lagi mendengar nyummu punya suara Usai lama sudah Air panas tak membelai lidahku Usai lama sudah Pinang Sirih tak meraba bibirku Usai lama sudah 13 Des 2018 To: Kakek Nenek - Tanaraing - Rindi - Sumba Timur - NTT

B A N D U S A

Untukmu Bandusa Rambut gondrongmu sudah pendek Begitupun warnanya, pun sudah hitam  Gincumu sudah tak nampak, entah kemana  Begitupun eye shadow dan blas on Bebatuan emas juga tak bergelantungan di tubuhmu Kamu juga sudah mulai bisa berbaris, meski tidak rapi Sepatu pun sudah tak lagi tersimpan bersama ternakmu Lingkaran perjudianmu juga sudah tak lagi menyapa Kau ganti dengan permainan tradisional penuh tawa Meski, seragammu tak layak, tetapi semangat kakimu meninggalkan waktu tanam dan ngarit perlu diacungi jempol Teruslah datang setiap hari ke sekolah, Nak! Penuhi tawamu, penuhi bahasamu Bukan materi bertema-tema yang ingin kujejalkan, tetapi mari bersama belajar beretika yang kurang kau dapatkan