Langsung ke konten utama

RENANG

PENGENALAN AIR (GERAKAN BERJALAN)

1.      Berjalan Menendangkan Kaki ke Depan
Siswa berbaris bersab sambil bergandengan tangan, kemudian setelah mendengar instruksi dari guru (peluit/tepukan tangan) siswa berjalan dengan langkah kaki menendang ke depan, hingga kaki lurus. Begitu seterusnya hingga batas kolam yang telah ditentukan oleh sebelumnya. Misalnya, 5-10 meter.

2.      Berjalan Mengangkat Paha
Siswa berbaris bersab dengan bergandengan tangan, setelah mendengar instruksi dari guru, siswa mulai berjalan ke depan sambil mengangkat paha. Begitu seterusnya hingga batas kolam yang telah ditentukan oleh sebelumnya. Misalnya, 5-10 meter.

3.      Berjalan Menendangkan Kaki ke Belakang
Siswa berbaris bersab sambil bergandengan tangan, kemudian setelah mendengar instruksi dari guru (peluit/tepukan tangan) siswa berjalan dengan langkah kaki menendang ke belakang, hingga kaki lurus. Begitu seterusnya hingga batas kolam yang telah ditentukan oleh sebelumnya. Misalnya, 5-10 meter.

4.      Berjalan Kepiting Hadap Kanan
Siswa berbaris bersab dengan bergandengan tangan, setelah mendengar instruksi dari guru, siswa mulai berjalan kepiting. Posisi menghadap kanan, kaki membentuk kuda-kuda, kemudian berjalan dengan menggeser kedua kaki seperti kepiting.

5.      Berjalan Kepiting Hadap Kiri
Siswa berbaris bersab dengan bergandengan tangan, setelah mendengar instruksi dari guru, siswa mulai berjalan kepiting. Posisi menghadap kiri, kaki membentuk kuda-kuda, kemudian berjalan dengan menggeser kedua kaki seperti kepiting.

6.      Berjalan Menyelam
Siswa berbaris bersab dengan bergandengan tangan, setelah mendengar instruksi dari guru, siswa mulai bergerak/berjalan ke depan, setiap mendapat tiga langkah siswa harus menenggelamkan seluruh badan termasuk kepala, selesai menyelam siswa melanjutkan berjalan dengan hitungan serupa, berhenti ketika sudah tiba di batas kolam.

7.      Meloncat Menyelam
Siswa berbaris bersab dengan bergandengan tangan, setelah mendengar instruksi dari guru, siswa mulai bergerak meloncat ke depan, setiap mendapat tiga langkah siswa harus menenggelamkan seluruh badan termasuk kepala, selesai menyelam siswa melanjutkan berjalan dengan hitungan serupa, berhenti ketika sudah tiba di batas kolam.


Ketujuh gerakan pengenalan air dengan gerakan berjalan tersebut bisa digunakan untuk tahap awal pembelajaran, yaitu tepatnya setelah pemanasan yang dilakukan di lantai atas bagian kolam renang. Gerakan-gerakan pengenalan air tersebut sangat berguna, karena dalam setiap pembelajaran dimungkinkan terdapat siswa yang belum bisa renang, dan juga takut ketika akan menceburkan diri ke dalam kolam renang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mentolerir Rindu

Usai lama sudah Bagaimana nyummu punya kabar? Nyungga sedang pi ambil potongan-potongan kenangan Usai lama sudah Rumah tak lagi tersentuh pena Usai lama sudah Nyungga tak lagi mendengar nyummu punya suara Usai lama sudah Air panas tak membelai lidahku Usai lama sudah Pinang Sirih tak meraba bibirku Usai lama sudah 13 Des 2018 To: Kakek Nenek - Tanaraing - Rindi - Sumba Timur - NTT

B A N D U S A

Untukmu Bandusa Rambut gondrongmu sudah pendek Begitupun warnanya, pun sudah hitam  Gincumu sudah tak nampak, entah kemana  Begitupun eye shadow dan blas on Bebatuan emas juga tak bergelantungan di tubuhmu Kamu juga sudah mulai bisa berbaris, meski tidak rapi Sepatu pun sudah tak lagi tersimpan bersama ternakmu Lingkaran perjudianmu juga sudah tak lagi menyapa Kau ganti dengan permainan tradisional penuh tawa Meski, seragammu tak layak, tetapi semangat kakimu meninggalkan waktu tanam dan ngarit perlu diacungi jempol Teruslah datang setiap hari ke sekolah, Nak! Penuhi tawamu, penuhi bahasamu Bukan materi bertema-tema yang ingin kujejalkan, tetapi mari bersama belajar beretika yang kurang kau dapatkan